Rabu, 04 Januari 2012

Kucing merupakan salah satu hewan yang disukai oleh manusia untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, selain itu kucing juga dekat dengan manusia. Gemes dech ngeliat tingkah laku kucing. Disaat pikiran sedang ruwet, bermain dan membelai hewan peliharaan terutama kucing dapat menenangkan hati dan pikiran. Berikut jenis- jenis kucing berdasarkan jenis (ras) kucing.

Terdapat 155 jenis (ras) yang populer diakui oleh asosiasi/federasi/organisasi di dunia, (FIFE, CFA, WCF, TICA, GCCF, LOOF, ACFA, CCA/AFC, SACC, CCCA, AACE, ACF, NZCF, CATZ, CFF, WNCA).  

Sedangkan asosiasi/club kucing di Indonesia, yaitu ICA, CFI, dan CFSI, mengacu ke asosiasi internasional tsb (khususnya ke FIFE, CFA, dan TICA).


Ras (jenis) kucing di bedakan berdasarkan bulunya (rambut). Dengan demikian ras Kucing dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu rambut panjang (longhair), rambut pendek (shorthair) dan rambut sedang (semi-longhair). Setelah itu ras kucing juga dibedakan menurut mutasi genetik yang terbentuk. Lalu mucullah ras kucing baru yang merupakan hasil dari perkawinan silang. Berikut beberapa ras kucing diantaranya.

1. Kucing Persia
Kucing ini merupakan jenis berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia akan sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya. Sesuai dengan namanya kucing ini berasal dari Persia (sejak tahun 1935 disebut Iran) memiliki warna dan pola bulu  yang beragam.  Umumya kucing Persia memiliki Sikap yang manis, tenang dan penyayang dan pendiam. Berdasarkan bulunya, kucing persia terbagi menjadi 2 tipe yatiu yang berbulu panjang dan yang berbulu pendek. 

Lalu apa perbedaan antara kucing persia dan kucing Anngora?. 
Kucing Anggora berasal dari kota Angora (pada tahun 1930 disebut Ankara, Turki). Memiliki ciri-ciri badan tegap, tinggi dan langsing, bulu hanya panjang disekitar leher, perut dan ekor, hidung mancung. Pada umumnya kucing persia memiliki ciri-ciri kepala dan mata yang besar dan bulat, hidung pesek dan lebar, bulu panjang, tebal dan mengkilap menutupi seluruh badan.
2. Kucing Ragdolls
Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik. Pada umumnya berwarna cokelat tua, abu-abu dan variasi putih. Memiliki sikap yang sangat tenang, cepat beradaptasi dan akrab dengan pemiliknya, cerdas dan sopan. Sangat sesuai untuk teman bermain anak-anak. Memiliki ciri-ciri besar, bertulang tebal, berat. Kucing ini memiliki bahu, dada, dan cakar yang lebar. Bulu-bulunya panjang dan tebal terutama disekitar leher. Matanya biru, bulat dan besar. Bulu kaki di kaki belakang lebih panjang dari pada yang didepan.
3. Kucing Egyptian Mau
Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul. Berasal dari Mesir. Memiliki warna perak, perunggu, hitam dan biru. Perangainya sanagt aktif,cerdas dan menghibur. Ciri yang berbeda dari kucing lainya yaitu bentuk pol bulu yang berbintik atau tutunya yang kehliatan kontras dengan warna tanah. Tutul gelap tersebar secara sembarang. Kaki dan ekor sama-sama memiliki warna yang lebih gelap. Kucing ini memiliki mata hijau yang ekspresi, seperti memiliki garis mata yang khas, dan ekspresi cemas waspada di wajahnya.


4. Kucing Abbyssinian
Kucing ini merupakan salah satu jenis yang paling populer. Kucing Abyssinian yang besar dan tegap kemungkinan besar pernah menjadi hewan yang dipuja di masa lampau Mesir. Kucing ini juga memperoleh popularitas yang banyak di pertunjukkan kucing, kebanyakan menyangkut keunikan warna bulunya. Mereka biasanya sangat cocok dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain. Kucing ini berasal dari Mesir (Etiopia) memiliki warna yang kemerah-merahan, biru dan mirip anak rusa. Memiliki sikap yang cerdas, aktif, suka bermain dan merupakan kucing yang ramah dan rasa ingin tahu akan hal baru. Kucing Abyssinian memiliki bentuk tubuh yang luwes dan berotot. Memiliki kepala yang besar, telinga yang besar dan tajam. Memiliki mata yang ekspresif. Lingkaran gelap pada kelopak mata menonjolkan mata dan membuat kucing tersebut seperti memakai eyeliner hitam. Tubuhnya panjang dan berotot, dengan kaki-kaki yang yang langsing dan tulang yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar