Jumat, 06 Januari 2012

Lanjutan (Ayam Hutan VIII)

d. Bulu tubuh dan bulu ekor yang tersusun sangat rapi Ayam hutan jantan yang asli memiliki susunan bulu ekor yang sangat rapi, teratur dan mengkilap. Hal ini sangat penting bagi pejantan, sebagai modal untuk menarik hati betina. Saat musim berbiak, betina biasanya akan jual mahal dan berusaha mencari pejantan berpenampilan paling trendy dan paling kuat untuk menjamin masa depannya. Bulu tubuh jantan selalu ditelisik dengan teratur agar tetap rapi dan bersih bebas dari kutu. Warna bulu ekor pun selalu hitam bercampur hijau berkilauan. Bulu di pangkal ekor berwarna putih dan tumbuh lebih lebat. Pada ayam hutan jantan, 4 pasang bulu penutup ekor yang paling luar (Gambar 4 yang dilingkari garis kuning) akan selalu tumbuh lebih kecil dan selalu lebih pendek dibandingkan bulu ekor utama. Sepasang bulu ekor yang paling atas, akan selalu tumbuh paling panjang dan melengkung, membentuk formasi bulan sabit yang indah. Berbeda dengan ekor ayam hutan, ekor ayam jantan hasil silangan (ayam Brugo) atau ekor ayam kampung memiliki susunan yang tidak jelas, bahkan cenderung berantakan. Bulu penutup ekor yang terletak paling luar, seringkali tumbuh lebih panjang dari bulu ekor utama. Perbedaan bentuk ekor ini dapat dilihat pada Gambar 17 di bawah ini.
Gambar 17. Bulu ekor ayam hutan asli (kiri) memiliki susunan yang teratur dan sangat rapi. Bulu penutup ekor terluar (yang tumbuh dekat bulu pangkal ekor yang putih) tidak pernah tumbuh melewati bulu utama. Bulu pangkal ekor yang putih pada ayam hutan asli juga lebih lebat. Pada ayam kampung (kanan), bulu ekor biasanya tumbuh tidak beraturan. Bulu penutup ekor terluar, seringkali tumbuh lebih panjang dari bulu ekor utama. e. Kaki lebih ramping berwarna abu-abu kebiruan Ayam hutan jantan yang asli memiliki kaki yang ramping, selalu berwarna abu-abu gelap kebiruan, dengan taji yang meruncing alami dan melengkung indah. Sisik juga lebih halus . Pada ayam hasil silangan (Brugo) atau ayam kampung, kaki umumnya lebih besar dengan sisik yang kasar berwarna kekuningan atau kehitaman. Taji besar dan tumbuh tidak beraturan (Gambar 18).
Gambar 18. Kaki ayam hutan yang asli (kiri). Kaki ayam hasil silangan (Brugo) atau ayam kampung (kanan). Sumber: http://ayamhutan.tripod.com/junglefowl.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar